Menikah Menurut Pandangan Islam yang Wajib Diketahui

Seperti yang telah kita ketahui, menikah adalah salah satu ibadah dengan kedudukan yang sangat penting dan juga sakral pada pandangan Islam. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa pernikahan adalah “Mitsaqan Ghalidza” yang diartikan sebagai perjanjian yang amat kukuh ataupun kuat. Hal itu sangatlah tidak pantas dan tidak sewajarnya kita dapat menyepelekan pernikahan, sehingga dapat menjadikan perceraian.

Perceraian sangatlah dibenci oleh Allah, usahakan kita dapat meleraikan masalah yang menurut kita itu adalah hal sepele yang menjadikan pertengkaran berujung perceraian. Dalam berumah tangga, memanglah banyak cobaan atau ujian yang datang menghampiri kita, tergantung bagaimana cara kita untuk menghadapinya.

Sebaiknya masalah tersebut harus bisa kita hadapi dengan sabar dan bersama-sama memenuhi tanggung jawabnya masing-masing antara suami maupun istri. Karena, tujuan dari menikah dalam Islam memiliki arti yang begitu dalam dimata Allah SWT dan Rasul-Nya. Dalam pernikahan tersebut kita juga akan menghasilkan keturunan dengan generasi yang sholeh dan sholehah, yang berakhlak qurani dan mengikuti sunah Rasulnya.

Allah akan menyampaikan berbagai berkah di balik pernikahan, melalui segala aktivitas yang dilakukan oleh pasangan suami dan istri yang halal yang menurut kita sederhana, namun akan bernilai ibadah yang besar disisi Allah SWT, dengan berlimpahnya pahala yang bisa kita dapat ketika dapat melakukan hak dan kewajibannya masing-masing dari pasangan pernikahan yang halal.

Wall decor hiasan dinding custom kado wisuda 1 1
Wall Decor
Wall decor hiasan dinding custom kado wisuda 2 1
Hiasan Dinding
jam dinding custom kado ulang tahun 1
Jam Dinding Custom
jam dinding custom kado pernikahan 1
Jam Dinding Custom

Pernikahan juga bukan merupakan suatu hal yang bertujuan hanya untuk menyatukan dua hati dan menyangkut suatu kesatuan yang sakral dalam berumah tangga. akan tetapi,  ada tujuan menikah dalam kacamata Islam yang memang seharusnya harus dipahami oleh orang-orang muslim. Sebuah kebahagiaan terbesar akan didapat melalui dua insan yang berbeda yang saling bertemu dan menyempurnakan ibadahnya secara bersama, baik itu untuk bekal di dunia maupun bekal di akhirat kelak.

Sebuah ikatan suci pernikahan yang nantinya akan menjamin kebahagiaan, keharmonisan dan ketenteraman akan didapat selama kedua pasangan tersebut memegang teguh pada agama Islam yang sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Berikut ini terdapat beberapa tujuan yang perlu kita ketahui dalam Islam seputar tentang pernikahan yang merujuk pada Al-Qur`an dan hadis.

Tujuan Pernikahan  

Salah satu tujuan setiap muslim melakukan pernikahan adalah agar dapat saling menyempurnakan ibadah kepada Allah, dengan mengikuti sunah Rasul-Nya. Simak tujuan dari pernikahan dalam Islam di bawah ini :

Melaksanakan Sunah Rasul

Pernikahan memiliki tujuan utama dalam pandangan Islam, tujuan utama dari pandangan Islam dalam pernikahan tersebut adalah guna untuk menjauhkan umat Islam dari berbagai perbuatan keji, seperti halnya maksiat.

Sebagaimana kita adalah seorang muslim, kita harus wajib memiliki panutan yang dapat menuntun kita pada kebaikan dan kebenaran, agar ibadah yang telah kita lakukan dapat sampai kepada siapa yang selama ini kita imani dan sembah Ia adalah Allah SWT, dan panutan yang bisa kita tiru dan ikuti adalah Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW, yang artinya :

“Barang siapa yang benci sunahku, maka bukanlah dari Golonganku.” (HR. Bukhari No 4675).

Dapat Menyempurnakan Agama Allah Bersama

Tujuan menikah dalam Islam adalah untuk beribadah kepada Allah. Menikah juga menjadi salah satu amal ibadah yang sangat dinantikan oleh setiap umat Islam, agar dapat menyempurnakan ibadah dan menghadap kepada Allah SWT secara bersama dan saling melengkapi.

Jangan khawatir dengan kondisi ekonomi akan menurun jika setelah menikah, hal tersebut tidaklah benar. Kita sebagai kaum muslim haruslah yakin kepada Allah SWT, bahwa setiap usaha yang dilakukan bersamaan dengan doa, sabar dan tawakal kepada Allah SWT bersama pasangan, tentu akan saling menguatkan doa dan kepercayaan diantara keduanya bahwa Allah yang akan memberi segala kenikmatan rezeki baik di dunia maupun di akhirat. Seperti dalam firman Allah swt, yang artinya :

“Dan kawinlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan mampu kan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nur Ayat 32).

Mendapatkan Keturunan

Tujuan dalam pernikahan akan mendapatkan keturunan, pernikahan juga dapat melestarikan keturunan kaum Adam dan Hawa. Hal ini, termasuk salah satu investasi di akhirat dari pasangan suami istri yang bakal menjadi calon ayah dan ibu, selain beribadah, termasuk juga menghasilkan keturunan yang sholeh dan sholehah. Seperti dalam firman Allah swt, yang artinya :

“Allah menjadikan kamu istri-istri dari jenis  kamu sendiri dan menjadikan bagimu istri-istri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki yang baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?.” (QS. An-Naml Ayat 72).

Membangun Generasi yang Beriman dan Bertakwa

Ada juga tujuan lain dalam pernikahan yaitu dapat membangun generasi yang beriman dan bertakwa, tentunya kepada Allah. Nantinya, kedua orang tua akan bertanggung jawab terhadap anaknya dari mulai mengasuh, mendidik, dan merawatnya dengan baik sampai batas waktu yang sudah di tetapkan dalam Islam. Semua itu merupakan bentuk jalan ibadah dan sekaligus menjadi sedekah maupun bekal untuk di akhirat nanti. Seperti dalam firman Allah SWT, yang artinya :

“Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikit pun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (QS. At-Thur Ayat 21).

Menikah Menurut Pandangan Islam
Menikah Menurut Pandangan Islam

Setelah kita banyak mengetahui tujuan pernikahan dalam islam diatas, kita juga semoga dapat memetik hikmahnya. Sebagaimana kita adalah makhluk yang lemah, dan harus pandai bersyukur atas karunia dan nikmat yang telah diberi-Nya.

Nah, bagi kamu yang telah membaca artikel diatas dan juga mempunyai niat untuk menikah semoga disegerakan. Atau mungkin kamu sedang mencari kado untuk teman kamu yang akan melangsungkan pernikahan dan bingung sedang mencari inspirasi kado pernikahan? Kamu juga bisa langsung memesannya, karena harganya yang terjangkau dan Insya Allah amanah dunia akhirat, cek langsung, ide kado pernikahan di Kreatifmu.com. Semoga bermanfaat.


Inspirasi Merchandise, Kado, Souvenir Custom

Leave a Comment